Monday, April 13, 2015

Ada Soal Ujian Nasional yang Bocor di Internet!

RANCAH POST – Meski Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) menekankan sikap jujur dalam ujian nasional 2015. Namun ternyata, masih ada sejumlah soal yang bocor, dan bisa diunduh secara percuma.


Retno Listyarti selaku Sekjen FSGI (Federasi Serikat Guru Indonesia) mengungkapkan masih ada kebocoran untuk soal ujian nasional 2015. Retno ungkap, “Kami mendapat laporan ihwal kebocoran soal. Setelah ditelusuri, ternyata benar soalnya sama dan bisa diunduh,” Selasa (14/04/2015).


Retno sukses men-download 25 dari 30 soal ujian nasional yang tersedia di internet. Soal-soal UN tersebut disimpan di tempat penyimpanan Google dan dapat diakses secara mudah oleh publik. Retno tambahkan, “Ada 5 soal yang tidak berhasil diunduh.”


Retno mengaku melakukan penelusuran pasca mendapat laporan dari salah seorang guru SMA di Jakarta. Guru tersebut memberi Retno sebuah tautan. Namun sayangnya, saat ini tautan tersebut tidak bisa di akses.


Retno beberkan, “Setiap mata pelajaran, ada 5 tipe soal. Sepertinya sudah disiapkan secara baik.”


Kepala sekolah SMAN 2 Jakarta itu meminta pihak Kemdikbud mengusut tuntas mengenai kebocoran soal tersebut. Retno tegaskan, “Harus segera diusut tuntas, pelaku yang membocorkan soal harus ditangkap.”


Retno mengatakan kecurangan masih terjadi pada ujian nasional tahun ini. Namun, apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, laporan kecurangan kini telah menurun. Retno katakan, “Misalnya tahun lalu, pada H-3 UN kami mendapat 11 laporan, sekarang tidak sama sekali.”


Terlebih, sampai saat ini belum ada laporan kecurangan mengenai ujian nasional berbasis komputer.




Article source:
Ada Soal Ujian Nasional yang Bocor di Internet!

Ada Soal Ujian Nasional yang Bocor di Internet! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dani Aprianto

0 comments:

Post a Comment