Tuesday, April 14, 2015

Harga Samsung Galaxy Grand Prime vs Asus Zenfone 5, Spesifikasi dan Perbandingan

RANCAH POST – Samsung Galaxy Grand Prime, smartphone LTE dengan harga terjangkau dari Samsung dan Asus Zenfone 5, smartphone kelas menengah yang menjajal pasar negara berkembang, terutama di Asia. Di segi fitur dan konektifitas, Samsung Galaxy Grand Prime memang tak terbantahkan. Terutama jika diadu dengan dengan Asus Zenfone 5, yang hanya smartphone kelas menengan dari Asus. Meski membawa nama Zenfone, namun Zenfone 5 ini tak lebih dari sekedar handset kelas mid-range. Terlebih dengan tidak adanya layanan LTE pada handset ini.


Itukah yang anda fikirkan? Jangan terburu-buru mengambil keputusan. Meski Asus Zenfone 5 ini hadir dengan harga terjangkau, amun jangan remehkan performanya. Karena bagaimanapun, tidak seperti Galaxy Grand Prime buatan Samsung, Asus Zenfone 5 hadir dengan performa yang mempuni bertenagakan prosesor buatan Intel. Dan bukan itu saja, di beberapa sisi pada performa dan spesifikasinya, Zenfone 5 ini bisa dikatakan lebih unggul daripada Galaxy Gand Prime kebanggaan Samsung.


Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prima vs Asus Zenfone 5


Asus Zenfone 5 hadir dengan ukuran layar IPS LCD seluas 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel dan kepadatan layar mencapai 294ppi. Bukan itu saja, selain mendukung fitur multitouch, layar cantik ini juga dilindungi dengan teknologi Gorilla Glass buatan Corning. Serta dibungkus dengan desain body khas Zenfone, dengan dimensi 148.2 x 72.8 x 10.3 mm.


Tidak sekuat itu, meski hadir dengan ukuran layar serupa, yakni 5 inci, namun layar pada handset Samsung Galaxy Grand Prime hanya berteknologi TFT dengan resolusi yang lebih kecil. yakni 540 x 960 piksel saja. Dan tentunya kepadatan layarnyapun sama kecilnya, yang mana hanya mencapai 220ppi saja. Layar ini juga tidak dilindungi dengan pelindung kaca, meski ia juga mendukung fitur multitouch yang memungkinkan handset untuk merespon hingga lebih dari satu sentuhan jari. Layar ini dibungkus dengan desain premium ala Samsung Galaxy, dengan dimensi 144.8 x 72.1 x 8.6 mm dan bobot seberat 156 gram.


Di sektor pacu, Chipset Intel Atom Z2580 hadir di bagian dalam tubuh Zenfone 5 ini. Dan chipset ini juga ditenagai oleh CPU Dual-core berkecepatan 2GHz yang didukung dengan PowerVR SGX544MP2 dan 2GB RAM. Tidak cukup sampai di situ, sebagai salah satu andalan Asus, Zenfone 5 ini juga hadir dalam 3 pilihan ruang simpan. Mulai dari ukuran 8GB, 16GB hingga 32GB dengan OS Android v4.3 JellyBean yang bertindak sebagai OS bawaan dengan dukungan update ke Android v4.4 KitKat. Selain itu, sebuah slot microSD berkapasitas maksimal 62GB juga turut disematkan, untuk jaga-jaga, barangkali pengguna membutuhkan ruang yang lebih besar.


Samsung Galaxy Grand Prime sendiri justru hadir dengan Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 berisikan CPU Quad-core Cortex-A53 dengan clock 1,2GHz, yang didukung dengan GPU Adreno 306 dan ukuran RAM sebesar 1GB. Tidak seperti Zenfone 5, handset ini hanya membawa kapasitas simpan sebesaar 8GB saja, dengan slot microSD up to 64GB dan OS Android 4.4.4 KitKat sebagai OS bawaan.


Disamping itu, untuk sektor kamera, kedua handset ini hadir dengan kamera utama berkekuatan 8MP lengkap dengan LED Flash dan Autofokus. Kamera utama ini juga mampu mengambil rekaman video dengan kualitas mencapai 1080p@30fps. Namun perbedaan justru terletak pada kamera sekunder atau kamera depannya. Dimana handset Samsung Galaxy Grand Prime dilengkapi dengan kamera bberukuran 5MP, dengan kemampuan merekam video 1080p@30fps. Sementara Asus Zenfone 5 hanya membawa kamera berukuran 2MP saja di bagian muka.


Di segi konektifitas, Galaxy Grand Prime tentunya yang lebih unggul. Karena selain hadir dengan fitur dual-SIM GSM2G dan 3G HSPA, handset ini juga mendukung koneksi 4G LTE. Ditambah dengan adanya koneksi NFC yang tertanam di dalamya. Sementara Zenfone 5 hanya mengandalkan konektifitas GSM 2G dan3G HSPA saja, meski ia juga menggunakan slot micro-SIM dengan fitur Dual-SIM. Sementara untuk fitur lainnya, keduanya sama-sama dilengkapi dengan koneksi WiFi, Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0.


Adapun satu lagi hal yang membuat Galaxy Grand Prime ini lebih unggul, tidak lain adalah kapasita baterainya yang mencapai 2600mAH. Sementara Asus Zenfone 5 hanya membawa baterai berkapasitas 2110mAh saja.


Harga Samsung Galaxy Grand Prime vs Asus Zenfone 5


Untuk masalah harga, sebagaimana situs Lazada Indonesia, Samsung Galaxy Grand Prime saat ini dibanderol dengan harga Rp. 2,3 jutaan. Sementara Asus Zenfone 5 dijual mulai harga Rp. 1,6 jutaan untuk versi 8GB dan Rp. 2 jutaan untuk versi 16GB. Jadi, menurut anda yang mana yang lebih baik? Apakah Samsung Galaxy Grand Prime ataukah Asus Zenfone 5?




Article source:
Harga Samsung Galaxy Grand Prime vs Asus Zenfone 5, Spesifikasi dan Perbandingan

Harga Samsung Galaxy Grand Prime vs Asus Zenfone 5, Spesifikasi dan Perbandingan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dani Aprianto

0 comments:

Post a Comment