Tuesday, April 7, 2015

Harga Asus Zenfone 2 vs Oppo Find 5 Mini Spesifikasi dan Perbandingan

RANCAH POST – Hari ini, kita bakal mencoba untuk membahas dua buah handset unggul dari pasar Asia. Yakni Asus Zenfone 2 dan Oppo Find 5 Mini. Jika Asus Zenfone 2 mungkin sudah tidak terlalu aneh lagi. Meski masih belum resmi meluncur di Indonesia hingga saat ini, namun berbagai informasi terkait handset satu ini memang sudah banyak menyebar ke mana-mana.


Lalu bagaimana dengan Oppo Find 5 Mini, masihkah anda ingat dengan smartphone yang merupakan varian mini dari handset gahar Oppo Find 5 Mini yang dirilis pada akhir 2012 silam ini? Yap, handset ini telah tersedia sejak bulan maret 2014, dan sudah banyak dijual pula di Indonesia. Usianya sendiri memang sudah agak lama bisa dikata, bagaimana tidak, dengan jarak waktu hingga 1 tahun lamanya, Oppo Find 5 Mini tentu tidak akan bisa menyaingi teknologi baru yang saat ini banyak digunakan.


Namun meski begitu, jangan senantiasa meremehkan handset asal Tiongkok satu ini, karena meski sudah tua, teknologi yang dia bawa memang tidak dapat diremehkan begitu saja.


Dan untuk membuktikannya, mari kita adu handset Asus Zenfone 2 ini dengan Oppo Find 5 Mini.


Spesifikasi Asus Zenfone 2 vs Oppo Find 5 Mini


Untuk sppesifikasi, handset Find 5 Mini buatan Oppo hadir dengan layar berteknologi IPS LCD selebar 4,7 inci, yang mana membawa resolusi setingkat 540 x 960 pixels yang selanjutnya menghasilkan kepaatan layar mencapai 234ppi. Layar ini ditopang dengan body berdimensi 137 x 68 x 7.7 mm dengan bobot mencapai 128 gram.


Sementara itu, Zenfone 2 malah membawa layar IPS LCD yng lebih besar, yakni selebar 5,5 inci, dengan resolusi sama, 1080 x 1920. Sehingga kepadatan layarnya malah lebih rendah, yakni 403ppi saja. Kabar baiknya, layar pada Zenfone 2 ini dilindungi dengan teknologi yang lebih baru, Gorilla Glass 3 yang juga dibuat Corning. Adapun body yang membungkus layar ini dirancang dengan dimensi 152.5 x 77.2 x 10.9 mm


Di bagian dapur pacu, Oppo Find 5 Mini telah siap dengan membawa chipset Mediatek MT6582M Snapdragonyang berisi prosesor Quad-core Cortex-A7 1,3GHZ yang diperkuat dengan GPU Adreno 306 dan 2GB RAM. Handset ini juga hadir dengan 2 varian penyimpanan, yakni versi 16 dan 32GB dengan OS Android 4.2.2 JellyBean. Cukup jadul memang. Oppo Find 5 Mini ini juga disertai slot microSD dengan kapasitas maksimal 32GB.


Sementara itu, Asus Zenfone 2 justru hadir dengan beberapa varian yang berbeda. Selain hadir dengan varian ruang simpan internal yang berbeda dengan pilihan ruang sebesar 16, 32 dan 64GB, handset ini juga hadir dengan 2 varian prosesor. Yakni versi Intel Atom Z3560 yang diperkuat 2GB RAM, serta varian Intel Atom Z3580, yang didukung 4GB RAM. Namun meski banyak perbedaannya, Asus Zenfone 2 ini tetap bisa dikatakan sama, karena keduanya menggunakan PowerVR G6430 sebagai GPU.


Selain itu, handset Zenfone 2 ini juga hadir dengan tambahan slot microSD dengan dukungan hingga 64GB. Sedangkan untuk platformnya sendiri, Zenfone 2 ini dibekali dengan Android v5.0 Lolipop. Canggih bukan?


Pada bagian kamera, Zenfone 6 menggunakan sensor kamera utama dengan kekuatan 13MP, kamera utama di kedua handset ini disertai dengan berbadgai fitur unik dan canggih, seperti Geo-Tagling, Face Detektor, LED Flash seta masih banyak lagi. Kamera ini juga daapat merekam sebuah video dengan kualitas 1080p@30fps. Zenfone 2 juga hadir dengan kamera depan berkekuatan 5MP. Sementara itu, Oppo Find 5 Mini hanya membawa kamera utama setingkat 8MP saja, dengan kamera depan 2MP.


Adapun konektifitas dari kedunya bisa dikatakan cukup mempuni. Seperti fitur dual-SIM mini-SIM/micro-SIM GSM dengan jaringan 2G GPRS dan EDGE serta jaringan 3G HSPA pada Oppo Find 5 Mini. Dan Zenfone 2 yang membawa fitur dual-SIM micro-SIM yang lebih canggih. Yang mana bergerak di jalur GSM dengan jaringan 2G, 2G HSUPA dan 4G LTE.


Yap, karena terbilang cukup tua, Oppo Find 5 Mini sama sekali tidak turut memboyong teknologi yang tengah populer saat ini, 4G LTE. Namun spesifikasi di atas cukup gahar kan? Selain itu, keduanya juga mendukung konektifitas WiFi, Bluetooth 4.0 dengan microUSB juga. Namun lebih unggul, Zenfone 2 dilengkapi dengan tambahan konektifitas NFC.


Sementara untuk baterai, keduaanya membawa baterai bertipe Li-Ion dengan kasasitas mencapai 3.000mAh pada Zenfone 2 dan sekitar 2/3 darinya, yakni 2.000mAh pada Oppo Find 5 Mini.


Harga Asus Zenfone 2 vs Oppo Find 5 Mini


Untuk masalah harga, karena hingga kini Zenfone 2 masih belum rilis di Indonesia, maka kita akan menggunakan prediksi harga di luar negeri yang mana jatuh di kisaran $199 atau setara Rp. 2 jutaan untuk versi RAM 2GB, dan Rp. 3jutaan untuk varian RAM 4GB. Sedangkan untuk Oppo Find 5 Mini, sebagaimana situs Lazada Indonesia, handset satu ini ditawarkan dengan kisaran harga Rp. 2,7 jutaan.




Article source:
Harga Asus Zenfone 2 vs Oppo Find 5 Mini Spesifikasi dan Perbandingan

Harga Asus Zenfone 2 vs Oppo Find 5 Mini Spesifikasi dan Perbandingan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dani Aprianto

0 comments:

Post a Comment