Friday, April 10, 2015

Cara Sederhana Mencegah Penyakit Stroke

Cara sederhana mencegah penyakit stroke – Stroke merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang dapat menyerang siapa saja dan pada usia berapa saja. Perlu diketahui bahwa stroke adalah jenis penyakit yang menyerang bagian otak kita yang membuat pembuluh darah diotak menjadi pecah. Jika hal tersebut terjadi pastinya akan menimbulkan kematian pada jaringan otak yang diakibatkan karena pasokan oksigen ke otak berkurang sehingga menimbulkan reaksi biokimia yang dapat mematikan sel-sel saraf otak.


Berdasarkan survey ditahun 2012 lalu menyebutkan bahwa 500 ribu kasus penderita stroke 12 ribu diantaranya meninggal dunia akibat stroke dan yang lainnya mengalami cacat baik fisik maupun mental. Cacat mental dapat terjadi karena otak sudah tidak bisa berfungsi secara normal. Penyakit yang sangat berbahaya ini tentunya sebisa mungkin harus kita hindari dan kita cegah agar kita tidak mengalami hal tersebut.


Ada dua faktor yang dinilai sebagai penyebab dari stroke ini yaitu yang pertama adalah faktor resiko medis. Faktor ini biasanya disebabkan karena penyakit lain seperti hipertensi, kolesterol tinggi, gangguan pada jantung, diabetes atau memiliki riwayat stroke dalam keluarganya dan faktor yang kedua adalah karena faktor perilaku. Faktor perilaku ini menggambarkan tentang pola dan gaya hidup seseorang yang kurang sehat sehingga menunjang timbulnya penyakit stroke.


Atur dengan baik pola hidup dan pola makan Anda setiap hari, jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang dilarang seperti miras, narkoba dan sebagainya karena hal tersebut dapat menyebabkan stroke. Agar Anda bisa terhindar dari stroke, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips dan cara mencegah penyakit stroke.


Cara Sederhana Mencegah Penyakit Stroke


Hindari Kebiasaan Merokok

Sudah dijelaskan dalam bungkus rokok bahwa merokok dapat menyebabkan stroke, namun masih banyak yang mengkonsumsi rokok. Jika Anda menyayangi tubuh Anda, kurangilah mulai dari sekarang kebiasaan buruk tersebut. Kandungan yang terdapat di dalam rokok dapat membuat darah menggumpal dan ini bisa menimbulkan resiko stroke.


Makan Makanan Yang Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat dan mengandung banyak nutrisi merupakan hal mudah namun kerap diabaikan oleh sebagian banyak orang. Konsumsilah buah dan sayur setiap hari dan hindari mengkonsumsi daging merah karena daging merah memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi dan itu bisa meningkatkan resiko terkena penyakit stroke.


Olahraga Secara Teratur

Agar tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh tetap kuat, maka rajin-rajinlah Anda berolahraga. Olahraga ringan seperti lari kecil akan membantu menurunkan tensi darah Anda ke angka yang lebih stabil dan keseimbangan lemak di dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.


Hindari Alkohol

Minuman yang satu ini biasa kita jumpai ditempat-tempat hiburan malam seperti diskotik dan bar. Mengkonsumsi minuman beralkhol akan meningkatkan tensi darah kita dan ini bisa mengakibatkan hipertensi. Salah satu penyebab dari stroke adalah karena kadar darah didalam tubuh yang terlalu tinggi sehingga timbul masalah kesehatan lain seperti stroke dan penyakit jantung.


Pantau Berat Badan

Usahakan berat badan Anda selalu dalam kondisi ideal. Berat badan yang terlalu rendah kurang bagus bagi kesehatan begitu pula jika Anda memiliki berat badan berlebih maka resiko penyakit stroke pun semakin besar mengintai Anda. Lakukan diet sehat dan diet alami untuk membuat berat badan Anda menjadi lebih ideal.


Kurangi Asupan Garam

Dalam mengolah makanan sebaiknya kurangi penggunaan garam untuk mencegah penyakit stroke menyerang kita karena makanan yang banyak mengandung garam dapat meningkatkan tekanan darah yang mana bisa menyebabkan hipertensi dan stroke.


Perhatikan beberapa cara di atas dan silahkan Anda terapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Jika hal tersebut Anda terapkan maka Anda akan terhindar dari bahaya penyakit stroke yang dapat menyerang siapa saja.




Article source:
Cara Sederhana Mencegah Penyakit Stroke

Cara Sederhana Mencegah Penyakit Stroke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dani Aprianto

0 comments:

Post a Comment