Sunday, April 19, 2015

5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan – Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil rempahnya. Tanaman yang tumbuh di Indonesia dapat berkembang dengan baik karena tanah indonesia sangat subur. Hampir semua obat dan ramuan tradisional berasal dari tanaman seperti rempah-rempah dan ini sudah menjadi turun temurun sejak jaman nenek moyang kita dulu. Namun keberadaan ramuan herbal seperti ini untuk saat ini sudah mulai terasingkan dengan berbagai obat yang dapat kita jumpai dengan mudah.


Salah satu jenis tanaman yang dulu digunakan sebagai obat tradisional adalah kunyit. Saat ini pun kunyit masih kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu yang mana fungsi jamu itu sendiri yaitu untuk membuat tubuh kita kuat dan tidak rentan terhadap berbagai penyakit. Kunyit merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan di Indonesia sendiri tanaman ini biasanya digunakan sebagai bumbu dapur seperti membuat olahan daging dan sebagainya.


Tanaman yang dinilai serba guna ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bukan hanya itu saja tetapi masalah yang kerap timbul pada wajah seperti keriput dapat kita cegah dengan menggunakan kunyit. Dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari kunyit kita dapat membuat sebuah masker yang mana jika digunakan secara rutin dapat mencegah kita dari keriput dan penuaan dini.


Lalu, manfaat apa saja yang dapat kita temukan dari tanaman kunyit ini? Berikut ada beberapa informasi tentang manfaat kunyit bagi kesehatan maupun kecantikan.


Mengurangi Lemak

Jika di dalam tubuh kita terdapat lemak berlebih pastinya akan terlihat terutama dibagian perut. Jika lemak tersebut dibiarkan begitu saja pastinya lama kelamaan akan menumpuk dan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda. Untuk mengurangi kadar lemak di dalam tubuh tersebut Anda dapat menggunakan ramuan yang berasal dari kunyit ini karena kunyit dapat mengontrol berat badan Anda menjadi lebih ideal. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jamu atau parutan kunyit yang dimasukkan ke dalam air kemudian disaring dan diminum.


Menghilangkan Ketombe

Jika Anda memiliki masalah pada rambut Anda seperti berketombe, kunyit bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mengatasi masalah tersebut. Campurkan kunyit dengan minyak zaitun yang kemudian Anda pijatkan pada bagian kepala kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu cuci bersih rambut dengan menggunakan shampo, jika hal ini Anda lakukan secara rutin maka ketombe akan hilang dan tak kembali lagi.


Mengatasi Radang Persendian

Kunyit mengandung kurkumia yang berfungsi sebagai anti-inflamasi atau anti-radang. Pada saat tulang-tulang persendian Anda mengalami peradangan atau nyeri pada bagian sendi, Anda dapat mengatasinya dengan kunyit ini dan sudah tidak asing lagi untuk saat ini banyak obat-obat radang sendi yang dijual di pasaran dengan mengusung kunyit sebagai bahan dasar.


Mengurangi Resiko dan Mengobati Diabetes

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa kunyit mengandung kurkumia dan kandungan ini sangat penting untuk mengatasi resistansi insulin di dalam tubuh. Jika resistansi insulin tersebut dapat diatasi dengan baik, maka glukosa di dalam darah pun akan ikut terkontrol dengan baik pula sehingga resiko penyakit diabetes tipe 2 dapat dihindari. Cara mengkonsumsinya siapkan 3 rimpang kunyit dan ½ sdt garam. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan kedua bahan tersebut. Minum air rebusan kunyit dan garam secara rutin minimal 2x dalam seminggu.


Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker terjadi karena adanya sel yang bermutasi akibat radikal bebas serta racun yang masuk ke dalam tubuh. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa mengkonsumsi kunyit karena kunyit memiliki sifat anti-racun dan dapat menjadi antioksidan yang baik untuk tubuh sehingga dapat melawan serta menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.


Keberadaan kunyit yang mungkin kita lihat sebelah mata ternyata menyimpan banyak manfaat yang bagus untuk tubuh kita. Semoga setelah Anda membaca artikel ini, Anda dapat menghargai lagi keberadaan tanaman-tanaman yang dapat menyehatkan tubuh seperti kunyit.




Article source:
5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dani Aprianto

1 comments:

  1. Website resmi ReportaSee | Terkini

    Reportasee.com adalah sebuah portal berita web yang berisikan tentang berita dan artikel terkait pebberitaan yang ada di

    Indonesia. Reportasee.com merupakan sebuah situs berita terkini dan populer yang ada di Indonesia khususnya. Berbeda jauh

    dari situs lain dengan berita berbahasa Indonesia lainnya, www.Reportasee.com hanya memiliki edisi daring (Online) dan

    menggantungkan sumber resmi dan pendapatan iklan-iklan online dan ofline. Meskipun demikian, Reportasee.com yang merupakan

    situs terdepan dalam hal konten berita baru (breaking news) maupun video. Sejak tanggal 31 Desember 2018, Reportasee.com

    menjadi ajang berita regional, Nasional dan Internasional.

    Kategori Reportasee :
    Reportasee.com | Portal Berita Dalam dan Luar Negeri, Edukasi, Ekonomi & Bisnis, Teknologi, Gaya Hidup, Olahraga, Otomotif

    dan Hiburan.

    Berita internasional
    Berita Nasional
    Berita Regional
    Berita Gaya Hidup
    Berita Teknologi
    Berita Hiburan

    ReplyDelete