Wednesday, April 8, 2015

10 Makanan yang Menyebabkan Stres

RANCAH POST – Tegang dan stres bukan sesuatu yang baru di jaman sekarang ini. Stres menyebabkan perubahan pola hormonal tubuh yang pada gilirannya akan mempengaruhi fungsi tubuh Anda. Namun, apakah Anda tahu bahwa ada beberapa makanan yang menyebabkan stres?


Tidak peduli alasan karena beban pekerjaan, masalah keluarga atau bahkan masalah sosial, Anda akan mendapatkan  lebih banyak tambahan yang menyebabkan stres dalam hidup Anda. Dan tambahan stres yang disebabkan oleh makanan itu sangat menyakitkan.


Stres dan gizi sangat berkaitan erat. Bila Anda memiliki pola makan yang sehat dan seimbang, maka kecil kemungkinan untuk menjadi stres. Hidup sehat, makanan bergizi dan latihan adalah beberapa cara sederhana untuk memastikan Anda menghilangkan stres dari tubuh tanpa efek samping.


Namun, apakah Anda tahu bahwa ada makanan tertentu yang menyebabkan timbulnya stres? Ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi dalam jumlah sedang, dibanding harus menghindarinya sama sekali. Kuncinya adalah diet sehat dan seimbang.


Di sisi lain, makanan olahan banyak mengandung kadar protein tinggi, lemak dan karbohidrat namun sedikit atau bahkan sama sekali tidak mengandung vitamin dan mineral. Nah, agar Anda tahu, berikut ini adalah beberapa makanan yang menyebabkan stres.


Kafein

Teh dan kopi sama-sama mengandung kafein. Namun, kopi memiliki jumlah kafein yang lebih besar sedangkan teh lebih kecil. Kafein dapat merangsang sistem saraf yang mengakibatkan detak jantung menjadi cepat dan meningkatkan tekanan darah.


Alkohol

Beberapa teguk alkohol diyakini akan membuat yang meminumnya menjadi santai. Namun, penghisapan di dalamnya akan memperburuk stres. Ketika alkohol dikonsumsi, ada simulasi dalam produksi hormon yang mirip dengan stres.


Gula halus

Gula halus yang pasti merupakan makanan yang menyebabkan stres. Faktanya adalah bahwa makanan ini tidak memiliki nutrisi, di sisi lain ini akan meningkatkan gula darah dan insulin.


Makanan Mengandung Sodium Tinggi

Ketika terdapat sodium berlebih di dalam tubuh, cairan akan mempertahankannya di dalam tubuh. Ini akan membuat kerja ekstra pada jantung, sehingga akan meningkatkan tekanan darah dan stres.


Minuman Energi

Stres yang disebabkan oleh makanan termasuk minuman energi. Alasan utamanya adalah bahwa minuman energi mengandung banyak kafein dan gula. Dimana keduanya tidak baik untuk tingkatan stres dalam tubuh.


Makanan Pedas

Kadang-kadang ketika stres meningkat dapat menyebabkan banyak masalah pencernaan. Selama ini, makanan pedas hanya akan memperburuk ketidaknyamanan. Stres juga akan mempengaruhi metabolisme, sehingga makanan menjadi sulit untuk dicerna.


Permen

Beberapa makanan yang menyebabkan stres juga termasuk permen. Makan saat Anda stres adalah reaksi yang sangat umum, terutama permen. Sebenarnya hal ini justru hanya akan menambah kadar gula dan meningkatkan dalam mengidam makanan.


Makanan Olahan

Makanan olahan kaya akan sodium, lemak dan aditif buatan, dimana diartikan tidak ada nilai gizi dalam makanan olahan.


Kentang Goreng

Salah satu makanan yang paling umum yang menyebabkan stres adalah kentang goreng. Mengkonsumsi kentang goreng dianggap cara untuk memulihkan energi dengan cepat. Garam dalam kentang goreng ini diyakini akan meningkatkan risiko hipertensi.


Kembang Gula

Kuncinya adalah Anda akan harus menjauhkan diri dari makanan yang menyebabkan kembung. Permen manis akan meningkatkan masalah pencernaan yang terkait dengan stres. Kembang gula juga akan menyebabkan iritabilitas di perut.


Demikian beberapa makanan yang membuat stres, biasakan hidup sehat serta berolahraga. Lebih baik mencegah dibanding mengobati.




Article source:
10 Makanan yang Menyebabkan Stres

10 Makanan yang Menyebabkan Stres Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dani Aprianto

0 comments:

Post a Comment